KEGIATAN Kalender
Pendaftaran Online 15 Jan – 9 April 2018
Pengisian Biodata 15 Jan – 10 April 2018 Jam 15.00 WIB
Batas Pengiriman Berkas (Cap Pos/Paket Khusus) 15 Jan – 12 April 2018
Pengumuman Kelulusan 24 April 2018
Pendaftaran Ulang Peserta yang Lulus
Laman Pendaftaran www.um.undip.ac.id
Upacara Penerimaan
Awal Kuliah Smt Gasal Agustus 2018

Mekanisme Pendaftaran

Yang dilakukan oleh Siswa Calon Peserta

  1. Calon peserta yang bisa mendaftar adalah calon peserta yang memenuhi syarat. PSSB D-III menerima calon mahasiswa baru yang memiliki potensi secara akademik. Persyaratan PSSB D-III adalah : a) termasuk 75% terbaik di kelas XII b) berasal dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat negeri ataupun swasta yang memiliki minimal akreditasi B c) tidak buta warna untuk beberapa program studi tertentu.
  2. Calon Peserta mengambil PIN dari menu get PIN . PIN yang didapat digunakan untuk kunci pembayaran biaya pendaftaran di Bank-bank yang ditunjuk oleh Undip. Biaya Pendaftaran PSSB D-3 adalah Rp. 250.000,-. Ada 3 Bank yang melayani pendaftaran Online ini, yaitu Bank BNI '46 (melalui teller dan ATM ), Bank BTN/BRI (melalui Teller) dan Bank Mandiri (Melalui Teller, ATM, dan Internet Banking). Cara membayar biaya pendataran adalah menggunakan sistem multipayment. Tata cara bayar bisa dibaca <>.
  3. Calon peserta yang sudah membayar biaya pendaftaran dipersilahkan login untuk mengisi formulir dengan menggunakan PIN dan passwordnya. Menu-menu formulir pendaftaran akan muncul jika biaya pendaftaran sudah dibayar.
  4. Calon peserta mengisi semua data secara lengkap dan kemudian mencetak hasil isian formulir. Hasil isian formulir ini adalah form d3-1 dan form d3-2. Dua formulir ini di fotokopi dimana salah satunya untuk backup peserta dan yang asli dikirim ke panitia. Pengisian formulir harus teliti dan hati-hati, panitia tidak bertanggung jawab atas pengisian data, dan pengisian data yang salah dan tidak sesuai akan berakibat pada pembatalan menjadi peserta seleksi PSSB Diploma III Undip tahun 2015.
  5. Calon peserta kemudian wajib mengirimkan syarat-syarat berkas yang akan dijadikan bahan verifikasi oleh panitia. Berkas-berkas ini harus dikelola dan dikumpulkan oleh sekolah untuk dikirimkan ke panitia PSSB.

Berkas-berkas yang dikirimkan diantaranya:

  1. Form d3-1 dan form d3-2 hasil pengisian formulir. Jangan lupa peserta harus memiliki fotokopinya untuk backup.
  2. Foto kopi rapor dari kelas X sampai dengan kelas XII semester pertama yang dilegalisir oleh sekolah.
  3. Foto kopi bukti diri atau kartu tanda siswa
  4. Pas foto 4×6 sebanyak 3 lembar.
  5. Foto kopi bukti-bukti lain seperti sertifikat prestasi yang didaftarkan dan lain-lain.
  6. Lima berkas diatas di masukkan kedalam Map kemudian di berikan ke pihak sekolah untuk dikirimkan secara bersama dengan calon peserta lain yang satu sekolah secara kolektif.

Warna map calon peserta adalah IPA berwarna merah, IPS berwarna kuning, dan bahasa berwarna biru. Untuk lulusan dari SMK dapat menyesuaikan prodi yang ingin dituju baik prodi IPA/IPS/Bahasa. Bagian luar map ditempeli lembar alamat pelamar yang bisa di download << disini >>.

Yang Dilakukan oleh Sekolah

  1. Sekolah yang bisa mengikuti pendaftaran adalah sekolah-sekolah negeri atau sekolah swasta yang terakreditasi minimal B.
  2. Sekolah mengkoordinir siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftar pada program PSSB D-III.
  3. Sekolah membantu dan memonitor siswa calon peserta seleksi PSSB D-III dalam pengisian formulir.
  4. Sekolah mengumpulkan semua berkas dan syarat-syarat dari setiap calon peserta (yang sudah dalam map berwarna) menjadikannya satu bendel untuk kemudian dikirimkan ke panitia PSSB Undip secara kolektif.
  5. Sekolah mengisi formulir d3-3 tentang daftar peringkat dikelas tempat masing-masing calon peserta. formulir d3-3 bisa didownload << disini >>
  6. Sekolah memasukkan formulir d3-3 dan fotokopi akreditasi sekolah minimal B (untuk sekolah swasta) kemudian memasukkannya ke dalam map warna hijau. Map tersebut diluarnya ditempeli lembar tempel untuk sekolah. lembar tempel untuk sekolah bisa didownload << disini >>
  7. Pihak sekolah kemudian mengkolektif semua berkas pendaftaran calon peserta untuk dikirimkan secara kolektif ke panitia PSSB D-III Undip

 

a. Melalui internet banking bank Mandiri, bank BNI :

  1. Lakukan login ke Situs Bank Mandiri dengan User ID dan PIN Internet Banking Bank Mandiri Saudara. Atau langsung ke >> Sini
  2. Pada menu utama, pilih menu ‘Bayar’ kemudian pilih menu ‘Pendidikan’.
  3. Pada combo box ‘Dari Rekening’, pilih rekening Saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi.
  4. Pada combo box ‘Penyedia Jasa’, pilih 10004 Universitas Diponegoro.
  5. Masukkan ‘No. PIN’ (11 digit) yang telah didapat pada pendaftaran ‘get pin’  pada kotak isian No_peserta/NIM/Bill_Key yang tersedia kemudian klik ‘Lanjutkan’
  6. Kemudian identitas anda akan muncul beserta biaya pendaftaran yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda (v).
  7. Jika data telah sesuai, klik tombol ‘ Lanjutkan’.
  8. Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari Token PIN Mandiri lalu klik tombol ‘Kirim’.

b. Pembayaran lewat ATM (Bank Mandiri dan BNI) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

 mandiri
1. Pilih menu ‘Pembayaran’.

2. Pilih ‘Pendidikan’.

3. Masukkan kode perusahaan: 10004 (Universitas Diponegoro) kemudian tekan ‘BENAR’.

4. Masukkan No. PIN (11 digit) (sebagai bill key) yang didapat dari pendaftaran.

5. Tekan tombol ‘BENAR’.

6. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran anda kemudian tekan ‘1’ jika data telah sesuai.

7. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.

8. Transaksi telah selesai.

 bni

1. Pilih menu ‘Pembayaran’

2. Pilih ‘Universitas’ kemudian Pilih ‘Student Payment Center’

3. Masukkan kode lembaga+ no PIN Sebagai Billkey. Kode bisa dicari di Pencarian kode

4. Tekan tombol ‘BENAR’.

5. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran.

7. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.

8. Transaksi telah selesai.

Pembayaran melalui ATM hanya bisa untuk Bank BNI dan Mandiri

c. Melalui Teller Bank BNI / BTN / Mandiri / BRI

Calon peserta bisa datang ke teller bank BNI’46 / BTN / Mandiri / BRI untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran UM. Pembayaran tidak perlu menggunakan no rekening. Calon peserta cukup menyebutkan NO PIN saja dan jelaskan bahwa akan membayar biaya pendaftaran UM UNDIP. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari petugas bank.

Peringatan Penting: Bagi yang akan membayar melalui BRI hanya bisa melalui teller.

Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka peluang untuk calon mahasiswa baru mengikuti program Vokasi (D3 & Sarjana Terapan). Sekolah Vokasi UNDIP terdapat 22 program studi/jurusan. Untuk menjaring mahasiswa Vokasi salah satu pintu seleksi adalah Seleksi/Ujian Mandiri Vokasi. Seleksi/Ujian Mandiri Vokasi adalah salah satu pintu masuk ke program Vokasi Undip dengan menggunakan seleksi ujian tertulis. Pendaftaran dilakukan secara online di situs um.undip.ac.id mulai 1 Juni – 24 Juli 2018. Informasi lengkap akan dipublikasikan menjelang pembukaan pendaftaran. UM Vokasi diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat.

Pilihan Kelompok Program Studi Dan Jumlah Pilihan Program Studi

  • SAINTEK : 2 pilihan program studi SAINTEK
  • SOSHUM : 2 pilihan program studi SOSHUM

Ujian

Materi Ujian UM Vokasi adalah sebagai berikut:

Kemampuan SAINTEK :

  • Matematika,
  • Bhs Indonesia,
  • Bhs Inggris,
  • Biologi,
  • Fisika,
  • Kimia

Kemampuan SOSHUM :

  • Matematika,
  • Bhs Indonesia,
  • Bhs Inggris,
  • IPS Terpadu (Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Geografi),
  • Kewarganegaraan

Biaya Pendaftaran

SAINTEK / SOSHUM (2 pilihan) : Rp. 300.000,-

Jadwal Ujian Tulis : 28 Juli 2018

SAINTEK/SOSHUM 07.30-08.00 WIB –08.00-10.30 WIB Verifikasi & Pengisian Biodata pada LJU
Kemampuan SAINTEK/SOSHUM

 

Tanggal Penting

Kegiatan Waktu
Pendaftaran Online 1 Juni – 24 Juli 2018
Verifikasi/Pengesahan Pendaftaran UM Vokasi Dilakukan 1 jam sebelum Ujian Tertulis di lokasi ujian
Pelaksanaan Ujian Tertulis Mandiri Vokasi 28 Juli 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Mandiri Vokasi 31 Juli 2018 pukul 16.00 WIB

Lokasi Ujian Pendaftaran

Akan diinformasikan lebih lanjut saat H-7

Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Diponegoro merupakan Program Studi yang dilaksanakan diluar kampus Utama. Program ini akan dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Demak dan Kabupaten Rembang. Pada pola Penerimaan Mahasiswa Baru akan dibuka melalui Seleksi Ujian Mandiri PSDKU Program Vokasi Tahun 2018.

Pendaftaran :

2 – 20 Agustus 2018.

Persyaratan Ujian Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2018, 2017 dan 2016,
  • Memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi,

Biaya Pendaftaran

Rp.375.000 (Tiga ratus tujuh puluh lima ribu rupiah)

Proses Verifikasi/Pengesahan Peserta Ujian

  • Proses verifikasi peserta akan dilaksanakan 1/2 jam sebelum Ujian tertulis dimulai. Verifikasi dilaksanakan mulai pukul 7.30 WIB diruang ujian
  • Persyaratan untuk verifikasi : kartu ujian, kartu identitas, FC Ijazah/Surat keterangan lulus
  • Verifikasi/pengesahan pendaftaran dilakukan di ruang ujian setelah peserta duduk sesuai nomor peserta

Jadwal Ujian Tulis :
Minggu, 26 Agustus 2018

Pengumuman Diterima :
Selasa, 28 Agustus 2018

Pilihan Program Studi :

  • Undip Kampus Kabupaten Pekalongan
    D3-Akuntansi
    D3-Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Undip Kampus Kabupaten Batang
    D3-Administrasi Pajak
    D3-Hubungan Masyarakat
  • Undip Kampus Kabupaten Demak
    D3-Akuntansi
    STr-Rekayasa Perancangan Mekanik
  • Undip Kampus Kabupaten Rembang
    D3-Manajemen

Biaya Pendidikan

Materi dan Jadwal Ujian

 

No Pukul Kegiatan
1 07.30-08.00 WIB Verifikasi & Pengisian Biodata pada LJU
2 08.00-10.30 WIB Kemampuan SAINTEKMatematika
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Biologi
Fisika
Kimia

Kemampuan SOSHUM

Matematika Dasar
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
IPS Terpadu
Kewarganegaraan

Pilihan Lokasi Ujian Tertulis :

1. Kabupaten Pekalongan
2. Kabupaten Batang
3. Kabupaten Rembang
4. Kabupaten Demak

Pengisian dan Pengambilan Formulir Online KLIKDISNI

 

TOP